Kamis, 25 Desember 2014



Tingkat pengguna layanan haji dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kesempatan tersebut banyak dimanfaatkan oleh sebagian pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menyediakan layanan travel palsu, sehingga sangat perlu diwaspadai agar tidak terjerumus dalam penipuan, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
  1. Keresmian Lembaga
    Pastikan lembaga yang kita percaya telah memiliki surat-surat izin antara lain sebagai berikut : - Surat Izin Biro Perjalanan Umum
    - Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
    - NPWP Perusahaan
    - Surat Keterangan Domisili
    - SK Menkeh
    - SK Depag (Penyelenggara Haji dan Umroh)
  2. Biaya Umroh
    Dengan banyaknya layanan travel umroh saat ini menjadi kompetisi yang besar, sehingga harga yang ditawarkan sangat bersaing, namun harus tetap memperhatikan kelayakan dan fasilitas yang didapatkan untuk menunjang kekhusyu'an ibadah umroh.
  3. Rekam Jejak Lembaga
    Sejarah dari lembaga yang menawarkan layanan travel umroh juga harus jelas, tidak memiliki catatan buruk atau tindak penipuan dll.
  4. Fasilitas
    Dengan Harga yang minimal kita tetap harus memperhatikan fasilitas yang diberikan dengan membandingkan dengan lembaga yang lain.
    Misalnya :
    - Penginapan yang nyaman
    - Jarak hotel dengan makkah
    - Transportasi yang nyaman dll
  5. Transfer Dana
    Semua kegiatan yang berkaitan dengan transaksi uang hendaknya dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya tindak penipuan, untuk itu diperlukan adanya pihak ke-tiga yaitu bank sebagai perantara dan bukti hukum yang kuat.
  6. Lokasi Agen Perwakilan
    Lokasi lembaga atau sebagai agen harus jelas, dan harus dipastikan untuk bersedia dikunjungi sebelum melakukan proses transaksi uang.

0 komentar :

Posting Komentar